Manfaat Rempah

Tentang Rempah, sangat banyak manfaat yang ada pada kandungannya. Rempah merupakan tumbuhan multimanfaat yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Rempah bisa digunakan untuk bumbu masakan, Rempah juga digunakan untuk berbagai keperluan pengobatan. Ampas Rempah sangat bagus digunakan untuk pupuk, pati dari rempah jika digunakan untuk tubuh dan wajah mampu menghaluskan kulit dan menghilangkan bercak hitam pada kulit wajah sebab Rempah mengandung antiaging. Namun pada kesempatan ini kami hanya mengulas manfaat Rempah dari sisi Farmakology yaitu manfaat Rempah untuk kesehatan. Berikut adalah beragam Rempah dan kandungannya :

1. Jahe Emprit :

Jahe Emprit merupakan jahe dengan kandungan minyak adsiri yang lebih tinggi jika dibandingkan dua jenis jahe lainnya. Oleh sebab itu aroma Jahe Emprit lebih kuat daripada aroma dua jahe lainnya. Khasiat / manfaat dari Jahe Emprit yang paling bisa langsung dirasakan oleh tubuh adalah mengatasi gangguan pada pencernaan dan pernapasan.

Berikut adalah kandungan lain yang terdapat pada Jahe Emprit :

1.1. Kandungan Karbohidrat

Jahe Emprit memiliki kandungan senyawa karbohidrat lebih banyak dari pada kedua jenis jahe lainnya yaitu sekitar 7,97% . Dengan memiliki kandungan karbohidrat yang lebih banyak maka wajar jika Jahe Emprit mampu berfungsi sebagai suplayer energi bagi tubuh terutama di saat tubuh sedang dalam kelelahan. Untuk menjaga energi tubuh tetap fit maka sangat baik jika rutin mengkonsumsi air jahe secara rutin, apalaggi jika Jahe Emprit yang dikomposisikan menjadi satu dengan Jahe Merah dan Jahe Gajah.

1.2. Kandungan Serat

Selain mengandung karbohidrat pada Jahe Emprit juga terdapat kandung senyawa serat. Manfaat dari serat yang terkandung pada Jahe Emprit yaitu sebagai sumber nutrisi bagi tubuh, dengan demikian rutin mengkonsumsi Jahe Emprit akan memiliki tubuh yang selalu energik. Selain dari pada itu kandungan Serat pada Jahe Emprit juga mampu melancarkan pencernaan. Orang yang mengalami kesulitan buang air besar akan sangat terbantu jika mengkonsumsi air Jahe. Kandungan Serat pada Jahe Emprit juga mampu melancarkan proses pencernaan.

1.3. Kandungan Protein

Kandungan senyawa berikutnya pada Jahe Emprit adalah Protein. Jahe Emprit mengandung kurang lebih 1,09% protein, sehingga Jahe Emprit sangat bermanfaat untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, membentuk antibodi dan menyimpan cadangan nutrisi pada tubuh.

1.4. Kandungan Mineral

Selanjutnya Senyawa lain pada Jahe Emprit adalah Mineral seperti Zat Besi dan potasium . Oleh sebab adanya kandungan ini, Jahe Emprit memiliki manfaat mengatur Suhu Tubuh, membuang sisa metabolisme, melancarkan oksigen ke jaringan tubuh dan lain sebagainya.

1.5. Vitamin C

Sebuah penelitian menmukan bahwa pada Jahe Emprit terkandung kurang lebih 10.21mg/100gram Vitamin C. Jika dibandingkan kandungan vitamin C Jahe Merah, jumlah tersebut masih jauh lebih sedikit Jahe Merah . Karena kandungan vitamin C tersebut, Jahe Emprit bisa digunakan sebagai penangkal berbagai macam virus dan bakteri, mengatur kadar kolesterol dan lain sebagainya. Selain memiliki kandungan vitamin C, Jahe Emprit juga mempunyai kandungan gizi cukup lengkap, antara lain :

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Besi
  • Kalium
  • Natrium
  • Pati

1.6. Minyak Atsiri

Jahe Emprit juga memiliki kandungan minyak adsiri yang cukup banyak dan lengkap. Hampir seluruh komponen minyak atsiri seperti zingiberen, gingerol, Shagaol dan resin terkandung di dalam Jahe Emprit. Untuk mendapatkan minyak adsiri dari Jahe Emprit bisa dilakukan melalui proses penyulingan.

Berkat kandungan zat baik yang tersimpan di dalamnya, Jahe Emprit memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Anda bisa menjadikan Jahe Emprit sebagai minuman konsumtif sehari -hari untuk mendapatkan manfaat maksimal dari Jahe Emprit. Jahe Emprit akan bertambah kinerjanya jika dipadukan dengan rempah lainnya seperti Jahe Merah, Jahe Gajah, Temulawak, Kunyit, Kencur dan lainnya.

Jadi, selain sebagai penangkal virus dan bakteri, meningkatkan imunitas tubuh dan mengobati nyeri sendi, Jahe Emprit juga memiliki manfaat lainnya sebagai berikut :

1. Mengobati Perut Mua

2. Meminimalisir Gas di Dalam Perut

3. Mengobati Sembelit / Susah BAB

4. Mengurangi Nyeri Kram Saat Haid

5. Mengatur Kadar Gula Darah

6. Menghambat Penuaan Dini

7. Mengurangi Berat Badan

8. Menaikkan Metabolisme Tubuh

9. Obat Alami Untuk Beberapa Penyakit

10. Melancarkan peredaran darah.

Selain dari manfaat di atas, Jahe Emprit juga bermanfaat melancarkan peredaran darah sehingga akan sangat membantu para penderita lemah syahwat untuk kembali memiliki energi vitalitas yang normal.

Bersambung….

+62882006713949 +62882006713949 62882006713949 t.me/sidomakmurjaya sidomakmur8888@gmail.com